Upgrade OS BlackBerry Sendiri

Gila. Hampir frustasi gue 2 jam ga nemuin cara load OS BB yang udah diinstal di laptop, menggunakan AppLoader bawaan BB Desktop Manager. Setelah Googling, akhirnya menemukan solusinya dari Forum CrackBerry.

Sebetulnya gue sering install – uninstall OS BB. Bahkan ini kerjaan gue dulu selama setahun sebelum gue pindah fungsi kerja ke Marketing Communication.πŸ™‚ )
Tapi emang problem ini yang paling ga pernah bisa gue pecahin. Akhirnya saking penasaran gue Googling dengan sabar, dan voila! Gue nemu caranya. Hore!

Jadi singkat cerita gini, untuk upgrade OS BB itu lu bisa lakuin sendiri, tanpa harus bawa ke tukang BB, tanpa keluar duit sedikit pun dan tidak merusak garansi. Jadi ga usah takut untuk coba – coba. Gue aja awalnya nekat, terus saking sering, jadi terbiasa, dan itu semua gampang.πŸ™‚ )

Langkah awal, lu instal BB Desktop Manager. Bisa di download di official website BB / dari CD bawaan di kotak BB. Dan jangan lupa Backup data – data BB lu sebelum upgrade.

Lalu lu download OS type BB lu di official websitenya, kalo gue biasanya download versi yang terbaru. Terus OS BB itu biasanya bawaan operator / vendor BB. Instal langsung OS BB yang baru lu download ini. Jangan lupa untuk menghapus Vendor.xml setelah berhasil menginstal OS BB ke laptop lu. Ada 2 file Vendor.xml ini yang perlu lu hapus, dan file yang kedua ini lah baru gue temukan cara ngehapusnya.πŸ™‚ )
Untuk ngehapusnya, lu tinggal masuk ke :

1. C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader

2. C:\Users\user_name\AppData\Roaming\Research In Motion\BlackBerry\Loader XML

INGAT DIHAPUS FILE Vendor.xml-NYA! JIKA TIDAK DIHAPUS, MAKA LU RUWET KAYA GUE TADI GA BISA LOAD OS DARI APPLOADER KE BB LU! x))

Setelah itu wipe BB lu pake aplikasi JL_Cmder (Googling aja, aplikasi ini freeware). Kenapa harus make aplikasi ini? Karena aplikasi security wipe bawaan BB, hanya mereset ke kondisi awal BB seperti BB yang baru lu beli. Bukan menghapus OS-nya.

Nah, setelah berhasil ngewipe BB, alias BB lu tanpa OS. Sekarang tinggal load OS nya ke BB lu.
Masuk lagi ke :

C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader
1. Klik aplikasi Loader.
2. Communication Port Selection. Cek, udah bener belom PIN BB lu yang nongol di Connection-nya.
3. Klik Next. Tunggu loading sampe masuk ke Device Application Selection.
4. Nah, setelah itu pilih dah tuh aplikasi apa – apa aja yang mau lu instal ke BB lu. Lalu klik next.
5. Lalu klik Finish. Tunggu deh, OS sedang diinstal ke BB lu.
6. Muncul notifikasi OS sudah berhasil diinstal ke BB lu. Hore!

Okeh, sekian dulu tutorial singkat padat merayap dari gue. Karena ada kesibukan yang sibuk.
Nanti gue update lagi step-stepnya pake gambar, biar orang-orang yang rada Pe’A bisa ngerti juga. x))

Viva Jalasveva Jayamahe! (..ini apa dah?)

Regards,
Ida Bagus Ary Kusuma Arcana aka MSTRSNX

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s