Fenomena MLM Merambah Pergaulan Remaja Pulau Dewata

TING-TONG! TING-TONG!
Suara bel pintu? Bukan. Penjual es krim keliling? Juga bukan. Tetapi melainkan anda sudah mendapatkan kaki-kaki downline anda. Dan secara ajaib anda akan mendapatkan uang ratusan, ribuan, jutaan, milyaran dan bahkan trilyuanan (..katanya!) dalam bentuk dolar Amerika Serikat! Luar binasaaaa! Terdengar menggiurkan bukan? (..bukaaaannnnn!)
Wow! Bisnis apa ini terdengar jet set sekali? Yes, it called TALK FUSION? Hah? Apa itu? Sejenis instant messaging? Bukan. Melainkan sesuatu yang dapat membuat anda (..katanya) kaya secara instant! Emeijing!

Well, sebenernya guve tidak perlu me-review bisnis ini karena guve memang tidak tertarik sama sekali semenjak dipresentasikan produknya oleh salah seorang teman. Namun melihat banyaknya saudara, teman, dan anak-anak muda dengan tampang yang polos dengan pengetahuan IT yang minim (..padahal do’i ngejual produk IT. lah?), ’kurang meyakinkan’, tetapi dengan iming-iming ‘penghasilan’ yang luar biasa (..ngakunya) membuat guve ingin menulis review mengenai Talk Fusion ini.
Disamping itu juga dampak ke pergaulan cukup terasa. Dengan kehadiran Talk Fusion ini, obrolan tongkrongan menjadi tidak asyik seperti dulu kala. Terpecah. Menjadi blok TF dan blok non TF. Belum lagi obrolan member TF yang sudah berakting seakan sudah menjadi trilyuner, yang obrolannya sudah mengkonversi rupiah menjadi dollar dalam menilai suatu harga barang. Cukup miris juga dengan keadaan ini. Kadang dalam hati guve teriak,
BANGSAT TALK FUSION! BALIKIN SEMUA ORANG-ORANG TERDEKAT GUE SEPERTI DULU! ENYAH KAU DARI BUMI INI! FAAAAKKKK!
Tapi apa daya, sudah terlanjur semua. Huffttt..

Oke, kali ini guve ingin me-review se-objektif mungkin dan dari sudut pandang seorang internet user di Indonesia (..yang sering menggunakan fasilitas-fasilitas yang bertebaran di internet untuk mendukung pekerjaan), sekali lagi guve tekankan di Indonesia yah, yang mempunyai ‘kultur’ ber-internet yang unik dan berbeda dari negara lainnya di muka bumi ini (..belum lagi kualitas koneksi cepat yang masih menjadi barang mewah). Semoga review ini menjadi salah satu bahan pertimbangan buat yang ingin bergabung dengan ‘bisnis’ Talk Fusion.

Baiklah guve mulai saja review mengenai Talk Fusion ini.

I. Produk- produk Talk Fusion antara lain:

1. Video Email
Begitu denger kata video email, yang terlintas adalah video yang streaming di inbox kita. Akan tetapi, yang terjadi adalah seperti email-email biasa yang hanya memberikan gambar ‘thumbnail’ dan tetap membawa kita ke halaman lain dimana video tersebut baru bisa di-streaming. Apa bedanya sama newsletter youtube yang guve terima tiap minggu? Disamping itu, seberapa sering anda membuka email melalui PC / Laptop semenjak era smartphone? So, apakah produk ini berguna? Silahkan berpikir.

2. Video Autoresponder
Sebuah autoresponder hanyalah menjadi auto responder. Dengan kata lain, kalau guve mengirim email kepada si ‘Tolkon’ yang punya video autoresponder Talk Fusion, guve tidak akan repot-repot untuk sekedar membuka email autoresponder dari ‘Tolkon’ yang kemudian membuka halaman browser dan men-stream video dimana si ‘Tolkon’ dadah-dadah ke guve sambil bilang ‘Sori vrow, guve lagi liburan nih’. Berapa waktu dan bandwidth terbuang untuk hal yang tidak ‘sesuatu banget’ itu? Guve lebih suka terima auto responder yang ‘to the point’ dan tidak lebay. Apakah produk yang ini juga berguna? Silahkan dipikirkan lagi.

3. E-Subscription Form
Produk ini memungkinkan anda mempunyai form registrasi dimana alamat email orang yang sudah mengisinya akan otomatis dikirim video auto responder tadi. Kelihatannya keren, tapi setelah dipikir-pikir, video autoresponder tadi cukup lebay, dan fungsi form auto reply email tersebut adalah hal yang biasa – biasa saja sebenarnya. Biaya untuk mendapatkan form tersebut 15x lebih mahal daripada anda membeli sebuah theme wordpress cantik di themeforest dengan segala fitur-fiturnya, termasuk form auto reply tadi. Jadi produk yang ini juga masih minus menurut guve.

4. Video Conferencing
Nah, guve sempat mencari-cari beberapa layanan video conferencing, dan kebanyakan dari mereka berbayar. Wajar, mengingat infrastruktur untuk layanan ini memang harus mumpuni. Talk Fusion juga mengharuskan anda membayar dan yang masuk akal hanya biaya bulanannya. Walaupun menurut guve masih diatas layanan-layanan lain yang sejenis. Karena guve orang tidak punya, maka guve lebih prefer yang gratis, dan beruntungnya guve ternyata ada SKYPE yang bisa juga melakukan video conferencing dengan mengupgrade account premium, tentu jauh dibawah harga member Talk Fusion. Sebenarnya video conferencing Talk Fusion bisa juga share gambar dan desktop, tapi kualitasnya sangat ‘poor’ dan bisa bikin naik darah. Produk tandingan serupa yang lebih baik: SKYPE, Cisco WEBEX, dan terakhir Google Plus Hangout! Masih mau membayar untuk fitur gratis seperti ini? Berpikirlah dengan bijak.

5. Video Distribution
Gak Jelas ini apa, mungkin semacam email blast dari video email tersebut. Tapi guve lagi-lagi beruntung punya layanan gratis untuk email blasting ini: Mailchimp. Buat yang sudah pernah menggunakan layanan mailchimp pasti sekarang mengangguk-angguk Kalau hanya 12.000 email / bulan di Mailchimp? GRATIS! di Talkfusion? BAYAR!

6. Social Networking
Tidak usah panjang lebar. Facebook, Twitter, Instagram, Path, de el el de el el. Dan seperti kata pebisnis ulung: ‘For something that is already BIG, don’t try to re-invent the wheel!’. Betul kata si anonimous itu, Di Facebook masih bisa share video, walaupun gak bisa conference, bikin account SKYPE, GRATIS! Mau email blasting? Mailchimp sangat user friendly. Another zero point from me.

7. Video Blog
Eiittss, yang mau bikin website atau blog, petunjuk-petunjuknya ada di google. Biayanya: Hosting (dari yang gratis sampe bayar), Domain name (150ribuan), template Blog (Blogspot, WordPress, Joomla, Drupal, etc.), video (youtube, vimeo, vuclip, etc.). Trus mau bikin blog video apa? Tutorial masak air? Membuat telor ceplok? Memasukkan batang zakar ke dalam botol? Tinggal upload video di youtube, terus ‘embed’ deh ke blog kamu yang ada di blogspot. Semuanya GRATIS! Buat apa bayar? Think.

8. Android Application
Yang ini masih belum launching sepertinya. Tetapi gambaran guve yang ‘optimis’ untuk Talk Fusion ini adalah: Streaming video di mobile platform masih barang mahal. Tahu berapa bulan untuk koneksi super yang tidak membuat streaming video atau video conference putus-putus? Guve tidak tahu karena guve orang tidak punya. Mungkin akan keren punya aplikasi Android video conferencing, tapi lagi-lagi Skype juga ada versi Androidnya, dan lagi-lagi gratis. Kecuali aplikasi Android dari Talk Fusion ini benar-benar sesuatu, maka menurut guve gema-nya tidak akan ‘sesuatu’ sekali.

II. Sekarang bagian Review ‘bisnis’ nya Talk Fusion:.

a. Kenapa kata bisnis selalu guve bertanda kutip? Karena ‘bisnis’ Talk Fusion ini Absurd.
Joining fee $800-an untuk produk-produk yang tidak senilai, bahkan kurang dari 10 persennya, menurut guve. Yang benar-benar berbeda dan bisa digunakan hanya ‘Talk Fusion Video Conference’ selebihnya banyak layanan gratis yang lebih re-liable. (Google Plus Hangout, GRATIS!)

b. Monthly fee sekitar $35-an per bulan.
Skema nya itu Binary member get member, kata lainnya MLM, produknya apa? Layanan video berbayar. Ada produk sejenis yang gratis? Ada. Uang yang didapat? Masuk ke rekening buatan ‘Talk Fusion’ dan kena fee lagi jika ingin ditransfer ke rekening bank lokal. Mengapa tidak langsung ditransfer ke paypal saja? Setuju jika guve bilang ‘ABSURD‘? Hak masing-masing.

Jika pernah ikut seminar Talk Fusion dan mendengar kata-kata ini:
“Kata siapa bisnis ini gak jalan? Buktinya hari ini begitu banyak orang hadir disini.”

Mungkin ada baiknya kembali berpikir:
– Kenapa guve bisa ada disini?
– Siapa saja yang ada disini?
– Dapatkah mereka membuktikan uang yang telah mereka dapatkan? Dan bukan hanya dari email, tetapi rekening bank.
– Mengapa yang mereka bicarakan hanya uang dan uang? Dimanakah penjelasan mengenai produknya?
– Coba riset di internet mengenai Talk Fusion, mengingat ini produk yang menggunakan media internet. Jadi pasti ada yang mer-reviewnya (..mungkin lebih buruk?).
– MLM yang bagus, adalah yang produknya bagus dan digunakan banyak orang. Apakah video akan digunakan banyak orang? Ya. Tapi apakah ada layanan yang gratis? Ya. So?

Buat yang sudah terlanjur bergabung, pengalaman itu mahal harganya. Jadi gunakanlah ilmu mind management / mind trick yang ada di ‘bisnis’ ini dengan cepat, agar cepat kembali uang anda. Itu pun kalau hati nurani anda tidak berteriak dan mengatakan ‘siapa lagi yang akan saya perdaya hari ini?’ setiap kali anda mempersiapkan dalih-dalih demi menerangkan ‘bisnis’ ini kepada ‘associate’ baru.

Apakah Indonesia sudah siap untuk layanan ini? Mungkin sudah, tetapi tidak murah. Selama masih mahal, tidak akan orang menggunakan pesan video.

Untuk $800-an, guve lebih baik menginvestasikan uang guve di reksadana / emas antam, tidak perlu ada maintenance fee juga $35.

Semoga guve salah dan Talk Fusion berkembang di Indonesia suatu hari nanti, akan tetapi mungkin $800 investasi guve pada emas antam / reksadana juga sudah berkembang dengan aman dan tanpa rasa bersalah.

Mohon maaf jika ada yang tidak sependapat dengan review guve mengenai Talk Fusion. Mindset guve juga ingin cepat kaya, wajar adanya. Sifat alamiah manusia.

Oke sekian review dari guve, semoga bermanfaat. Akhir kata, kopi luwak masih yang terbaik di kelasnya.
GO DI AMBON!

Regards,
Ida Bagus Ary Kusuma Arcana, ST aka SUNOX


Source: http://orangorangan.com/review-mengenai-talkfusion-indonesia/
(..edited by me.)

5 thoughts on “Fenomena MLM Merambah Pergaulan Remaja Pulau Dewata

  1. saya pernah ikut seminar yang diset sedemikian rupa…orang hidup tidak sll ekuivalen dengan uang tapi juga proses memperolehnya apabila tidak masuk akal leave it..

  2. Ok saya ikut comment ya , product ini bagus , sangat bagus sekali, mengenai bisnisnya tergantung kitanya mau jalankan sesuai sistem atau mau cara sendiri itu pilahan anda, saya seorang pebisnis , saya juga praktisi marketing dan satu hal lagi ini meningkatkan pendapatan saya , dhana 221assist ,saya bisnis transportasi medis , perlu saya silahkan email ke wydhana@gmail.com

  3. Uang bukan segalanya, kaya bukan jaminan bahagia, tapi miskin dijamin sengsara. Mental pengusaha beda dng mental pedagang, parah lagi kl mentalnya karyawan. Mental gratisan

  4. talk fusion ada sekolah bisnisnya lho, keren, pastikan anda ikuti dulu cara2nya yang benar baru bisa menyimpulkan apakah itu bisa berhasil atau tidak, karena pengetahuan dan setting goal adalah kekuatan keberhasilan dalam bisnis apapun. yang pasti perusahaan ini sudah survive sejak 2007 dan sampai skrg belum pernah berhutang. dan mereka membayar komisi kepada associatenya dalam 3 menit. ngak pernah sebelumnya ada perusahaan yang bisa bayar partnernya dalam 3 menit. dan sudah banyak yang berhasil disini. di bisnis ini ada beberapa job yang anda bisa gapai, apakah anda mau jadi penguna produknya saja atau menjadi pelaku usahanya adalah pilihan anda, tapi yang pasti bagi setiap orang yang sudah beli productnya diberi ijin untuk bisa ikut memasarkan produk ini tanpa perlu bayar uang member lagi, tetapi anda diwajibkan membayar biaya mantainance provider spt indovision lha kira2 yang jumlahnya $35 perbulan dan untuk pembayaran 1 tahun dapat discount 10%, untuk mahal atau tidaknya jumlah segitu sebenarnya relatif dan apakah yang beli ngerti produk ini dan mengerti cara pakainya untuk apa? dan bila anda beli produknya sudah dapat friendchsenya kira kira begitu. caranya bagaimana untuk bisa ikut memasarkan produknya anda sebaiknya ikut sekolah bisnisnya dulu supaya anda ada kemampuan dan pengetahuannya dalam menjual, karena semua yang baru tahu mengenai produk produk high tech ini tdk mungkin langsung ngerti kelebihan apa saja yang terkandung disini. orang IT saja juga perlu belajar apalagi orang awam, tapi mudah koq untuk mengerti karena semuanya sudah dipikirkan untuk user friendly/ mudah digunakan pengguna. bagi anda yang perlu bantuan untuk mengerti dengan benar boleh hubungi saya, Samuel pangestu.drg di email saya drg.samuel@gmail.com. dan terakhir dan terutama dari segalanya adalah sebagai pelaku usaha talk fusion sebaiknya belajar etika dan etos kerja yang benar dari sekolahnya supaya tidak menyakiti hati teman2 yang belum mau join atau belum mengerti mengenai talk fusion, harus sabar dan mengayomi masyarakat mengenai mega trend international ini. ada etika dan etos kerja dalam setiap bisnis di dunia. harus terus belajar dan mempraktekkan yang benar selalu. semoga fakta dan pengetahuan ini bisa membuka pikiran2 dan kebingungan teman2 selama ini. salam sukses. “kerendahan hati pangkal kesuksesan dalam proses belajar, dan kebijaksanaan serta pengetahuan ditutup dari mereka yang tinggi hati”. seringkali banyak hal yang benar didunia ini, yang salah adalah pelakunya tdk melakukan dgn benar, tapi itupun hanya segelintir yang akhirnya menjelekkan nama baik secara keseluruhan. bukan hanya di Talk Fusion, disemua bisnis legal lainnya didunia juga bisa mengalami hal yang sama. akhir kata kalau ada yang salah dan menyinggung saya minta maaf. terima kasih sudah meluangkan waktu membaca tulisan saya ini. dari saya: samuel pangestu.drg (drg.samuel@gmail.com)feel free to write to me. to ask me politely of course, I’m also a human, have a feeling. good day.

  5. saya bru masuk semalam dan ntah kenapa saya menyesal, 24 jt raib begitu saja… saya lebih baik kehilangan 24 jt dari pada harus membebankan 24 jt lagi untuk org2 yang saya korbankan…. pengalaman itu mahal harganya… pesan saya sebelum tergiur dengan hasilnya, mari kita pikirkan bagaimana proses untuk meraihnya, apakah ada orang lain yang harus saya korbankan? uang tidak dapat membeli kebahagiaan. kebahagiaan itu di nilai dari bagaimana anda mensyukuri apa yang anda miliki. terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s